Bagian Dalam Sebuah Iklan

Dewasa ini industri-industri semakin berkembang pesat mulai dari industri perorangan maupun perusahaan. Untuk perusahaan yang baru dirintis dan belum dikenal publik, mereka pasti ingin produknya bisa dikenal oleh publik. Banyak dari perusahaan melakukan berbagai cara untuk mengenalkan produknya tersebut. Dan yang paling populer adalah mengiklankan produk mereka. Baca juga: Perbedaan pemasaran, publisitas, iklan dan promosi
Banyak media yang bisa dipilih untuk memperkenalkan produk mereka ke publik seperti televisi, radio, majalah, surat kabar, baleho, atau yang sedang populer yaitu internet. Dari semua media tersebut pasti mempunyai keunggulan dan juga kekurangan.
Contoh iklan Top Kopi
Untuk membuat iklan yang bagus ada beberapa hal yang wajib diketahui oleh perusahaan agar iklan yang diproduksi dapat diterima oleh masyarakat dan yang paling penting memiliki value. Berikut bagian dalam sebuah iklan yang perlu diketahui:
1. Tagline
Merupakan bagian dari pesan yang sangat klimaks atau bisa dikatakan bagian puncak dari sebuah iklan.

2. Tema
Merupakan pokok pikiran/ dasar cerita (yang diperbincangkan), dipakai sebagai mengarang, menulis sebuah iklan.

3. Headline
Merupakan sebuah judul atau juga bisa disebut dengan stopper/ flat/ attention getter pada sebuah iklan.

4. Bodycopy
Adalah teks yang memberikan sebuah informasi lebih rinci dari produk atau jasa yang hendak ditawarkan.

5. Basline
Bagian ini terletak paling bawah pada layout iklan. Pada bagian ini juga bisa disisipkan tagline, slogan, catch pharase, atau nama dan alamat pemasangan iklan.

6. Flash
Di bagian ini kita dapat menyisipkan sebuah kata yang memakai font berbeda dari yang lainnya. Misalnya kata “NEW”, “DISCOUNT”, dll.

7. Kupon
Pada bagian ini biasanya pembuat iklan bermaksut agar iklan mereka mendapat respon dari konsumen. Dengan kupon yang mengiming-imingi hadiah, para konsumen tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut.

8. Visual Element
Sebuah ilustrasi, gambar, foto, atau apapun yang bersangkutan dengan produk/jasa dapat dimasukan pada bagian ini. Ini dimaksudkan untuk menarik konsumen untuk melihat iklan kita. Baca juga: Peranan humas

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising
 * Dasar Jurnalisme

Related Posts:

0 Response to "Bagian Dalam Sebuah Iklan"

Post a Comment