Cara Pinter Jadi Event Organizer

Seputar Event Organizer
Bicara tentang Event Organizer, kita harus mengerti dulu kriteria Event Organizer. Organizer tidak jauh pengertiannya dengan kepanitiaan. Organizer mempunyai ruang lingkup yang luas. Organizer adalah sekelompok orang yang, yang terdiri atas tim pelaksana, tim produksi, tim pekerja dan tim manajemen yang melaksanakan tugas operasional suatu program acara.
Urutan posisi para pihak yang sesuai dengan lingkup wilayah kerja dan tanggung jawab adalah sebagai berikut:
  • Penyandang dana. Ini dapat berupa sponsor atau instansi/ perusahaan yang memiliki hajat.
  • Pelaksana. Disinilah posisi Event Organizer yang sesungguhnya.
  • Penampil. Penampil ini adalah satu kunci daya tarik suatu program
  • Penonton. Apapun eventnya, faktor kehadiran penonton akan menjadi penting karena untuk menentukan keberhasilan suatu event.
  • Pengamat. Ini biasanya dari kalangan pers, atau justru kawa-kawan kita sendiri, atau siapapun yang memperoleh informasi event kita.
Prospek masa depan Event Organizer sangatlah bagus! Demikian yang dikatakan Adrie Subono dan Log Zelebhour-sedikit dari promotor papan atas di negeri ini. Event Organizer atau promoter besar di Indonesia sangatlah sedikit. Padahal kalau kita cermati, sekarang ini banyak sekali mendengar event-event besar setiap hari, dan peluang pasar masih terbuka lebar.

Kiat menyusun acara
Untuk mencapai sebuah kesuksesan suatu event yang kita gelar, salah satu hal terpenting adalah bagaimana acara itu tersusun. Sebuah acara sangat membutuhkan adanya suatu klimaks atau puncak acara. Tanpa yang satu ini, acara bisa menjadi monoton dan hampa atau terkesan tidak ada unsur 5P, terutama penonton.
Beberapa hal penting yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun acara antara lain:
Acara Showbiz/pentas musik outdoor/indoor
Event ini biasanya adalah event besar, yang mengharapkan jumlah penonton yang relatif banyak, rata-rata lebih dari 1000 penonton.
Acara pentas musik orkesta
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:
  1. Pementasan musik orkesta memiliki susunan acara yang khusus.
  2. Pementasan musik orkesta ada tiga jenis, yaitu konser klasik, dan pop konser atau kombinasi diantara keduanya.
Acara pesta hiburan
Pada prinsipnya semua jenis gelaran acara kecuali upacara resmi harus memiliki sentuhan yang bersifat menghibur. Unsur hiburan adalah unsur paling utama untuk mencapai ‘kepuasan’ atas gelaran acara.
Acara seremonial/Protokoler
Apabila kita mendapat job untuk menggarap event, misalnya serah terima jabatan, maka yang harus kita lakukan pertama kali adalah bertanya dan menggali banyak informasi tentang prosedur yang berlaku di instansi tersebut pada bagian humas.
Acara seminar
Dalam acara ini terdapat pembawa acara dan moderator.Ada beberapa faktor penting yang dalam memilih moderator:
1.      Figur yang memiliki pengetahuan lebih
2.      Memiliki tingkat kemampuan komun ikasi diatas rata-rata
3.      Memiliki kemampuan memimpin kepada pembicara dan audien
4.      Memiliki mental entertainer

Event hiburan yang sukses
Sebuah pertunjukan dikatakan sukses jika mampu menghibur. Mewujudkan hal tersebut sungguh tidaklah mudah banyak faktor yang mendukung hal tersebut, diantaranya:
  • Lokasi Pementasan. Dalam pemilihan lokasi, harus didasarkan pada jenis event yang dibuat, showbiz profit oriented atau gratis.
  • Nama pementasan. Judul pentas sangat berpengaruh untuk membangun emosi penonton. Buatah judul yang unik sehingga mampu membuat masyarakat atau audien menjadi penasaran.
  • Materi pementasan. Hal ini merupakan tugas dari tim kreatif untuk mampu mengemas sebuah acara menjadi istimewa.
  • Promosi. Faktor promosi ialah bentuk kemasan komunikasi berisi tentang nama pentas, materi, tempat, waktu, dan harga tiket. Jika budget acara kalian bukan menjadi kendala, alangkah baiknya untuk mempromosikan event tersebut ke media nasional atau tergantung segmentasi event tersebut. Namun jika budget event tersebut pas-pasan anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi event anda. Misal promosi menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, dll.
  • Panggung, tata suara, tata lampu, peralatan penampil dan dekorasi. Hal ini juga memberikan pengaruh besar pada emosi dari para penonton. Dan mereka berpikir telah mendapatkan kepuasan tersendiri.
  • Klimaks suatu acara. Pada penampilan show tunggal sebuah grup band terkenal, susunan repertoar klimaks sudah mereka atur sendiri. Klimaks harus secara mutlak adanya.
Stand Up with Raditya Dika (Salah satu event yang pernah digarap penulis)

Menyelenggarakan pameran
Bisnis pameran pada era sekarang ini mulai menunjukan perkembangan yang pesat. Hampir setiap hari kita sering menjumpai pamerandengan skala nasional maupun internasional. Ada macam-macam klasifikasi pameran, yaitu:
  • Pameran dagang ritel. Adalah suatu bentuk penyelenggaraan pameran yang menampilkan jenis produk-produk perdagangan.
  • Pameran produk ekspor. Adalah suatu bentuk pameran yang menampilkan jenis-jenis produk komoditi ekspor.
  • Pameran busana atau perhiasan
  • Pameran busana dan perhiasan. Lebih sering disebut fashion show dan menggunakan media cat walk.
  • Pameran pengetahuan. Pameran ini benar-benar target tanpa keuntungan, karena tidak ada produk yang dapat dijual.
Strategi menggaet sponsor
Pada saat kita menggarap event, kita biasanya kesulitan dalam menggaet sponsor.
Ada hal yang perlu diingat dalam menggaet sponsor:
1.      Harus menyiapkan bekal awal bertemu sponsor
2.      Membuat surat penawaran
3.      Bersiap bertemu sponsor
4.      Komunikasi dengan pejabat calon sponsor
5.      Mengetahui maunya sponsor
6.      Laporan sebagai wujud tanggung jawab

Ketika pertama kali kita menggagas untuk menggelar event, muncul dibenak kita banyak hal dan dari titik mana kita akan mengurainya? Dari hal manakah kita memprioritaskan? Maka hal terpenting ialah, bagaimana kita memperoleh sponsor?
Beberapa contoh pengkotakan event dan sponsor yang memiliki kecocokan sebagai berikut:
  • Event tingkat sekolah, misalnya lomba antar kelas, perpisahan, diskusi, pameran karya,dan study tour.
  • Event tingkat universitas, misalnya pensi dies kampus, pameran, program antar kampus/study tour, seminar, lomba seni.
  • Event tingkat umum, misalnya event pendukung bisnis utama(misalnya kita memiliki bisnis resto, maka kita membutuhkan Event Organizer sebagai bentuk dukungan promosi), event sebagai bisnis utama (suatu keputusan penting ketika event menjadi sebuah profesi dan sebagai tempat sandaran hidup).

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising
 * Dasar Jurnalisme

Related Posts:

0 Response to "Cara Pinter Jadi Event Organizer"

Post a Comment